PENERAPAN METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG
Keywords:
Metode al-Miftah lil Ulum, Pembelajaran Kitab Kuning, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi kerena melihat perkembangan yang pesat pada peserta didik kelas 1 MTs S/TI Canduang dalam membaca kitab kuning, peserta didik sudah bisa membaca kitab dengan fasih mendeteksi perkalimat, baik dalam segi ‘Irab, fungsi ‘irab dan lengkap dengan dalil Nadzomnya. Padahal di beberapa pondok pesantren yang peneliti temui, mayoritasnya baru bisa membaca kitab kuning setelah masuk kelas aliyah dan itupun hanya sebagian kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penerapan Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum di MTs S/TI Canduang baik dalam hal perencanaan, langkah-langkah, Evaluasi dan Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data, dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Perencanaan penerapan metode Al-Miftah Lil ’Ulum di MTs S/TI Canduang dilaksanakan dengan merancang program: mengutus guru-guru mengikuti pelatihan metode, memfasilitasi semua hal yang terkait dengan metode, membentuk tim penanggung jawab metode, menerapkan metode dengan program pilot projek, menunjuk koordinator tim metode, menerapkan pada 3 lokal yaitu kelas 1.1, 1,2 dan 4 khusus, menyerahkan secara penuh kepada tim dalam pengelolaan. Kedua, Langkah-langkah dalam penerapannya adalah: Tim membentuk 1 guru untuk 1 lokal dengan peserta melebihi 30 orang, Tim mengadakan test kepada peserta didik setiap selesai perjilid, berupa test tulis maupun lisan, Tim mengadakan berbagai bentuk kegiatan seperti perlombaan materi, Nazhom al-Miftah Lil ’Ulum dan praktek baca kitab. Ketiga, bentuk Evaluasi Metode adalah dengan melakukan: Pre test, Post test, Mengadakan test setiap selesai perjilid, Ujian semester, Demontrasi, Wisuda. Keempat, Faktor pendukung menerapan metode Al-Miftah Lil ’Ulum di MTs S/TI Canduang adalah: Pihak sekolah mendukung penuh program Al-Miftah dengan sistem program pilot projek, kelas 1 MTs S/TI Canduang merupakan kelas bagi pemula untuk belajar dasar. Sedangkan faktor pengahambatnya adalah: Munculnya kritikan dari sebagian orang tua peserta didik, Metode dibawah naungan Waka kurikulum, Tim belum bisa menerapkan sistem kenaikan perjilid, Munculnya kecemburuan sosial antara peserta didik Al-Miftah Lil ’Ulum dangan yang bukan.
References
Azra, Azumardi., sejarah perkembangan madrasah, Jakarta, Depag R-Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Djamrah, Syaiful Bahri., Guru Dan anak Didik Dalam interaksi Edukatif, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2010
Dokumentasi dari Abdullah, kepala Tata Usaha (TU) Madrasah Tsanawiyah MTI Canduang.
Izmi, Nelly Analisis Terhadap Struktur Kurikulum Tingkat Aliyah dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran di MTI Candung Kabupaten Agam, Jurnal El Rusyd Volume III No , September 2017, ISSN : 2442-7950,
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V
Kunndar, Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Ma’ruf, Muhamad Khoirul Anam., Universitas Islam Malang Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam, “Penggunaan Metode Al – Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Kitab Kuning Pada Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Salafiyah Al – Hasani, Pakis – Malang 2020.
Muzaky, Choirul Mala dan Nurhafid Ishari yang berjudul “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan IslamVolume 13, Nomor 1, Februari, Skripsi, 2020
Poerwadarminta W.J.S, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Rozi, Fathor dan Ahmad Zubaidi., “Efektifitas Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Membaca Kitab klasik di PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo Studi Kasus di Madrasah Diniyah Fatimatuzzahro”, Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 2, September 2019
Satria, Rengga., Pembaruan Pendidikan Islam Di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang , Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No. 1, Januari-Juni 2019
Sholihan, Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Melalui Bantuan Materi Al-Miftah Lil Ulum Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Volume 4, Nomor 2, Desember 2018.
Tarbiyah Idadiyah - Pondok Pesantren Sidogiri | Pondok Pesantren Sidogiri, https://Sidogiri.net.
Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Wawancara tim Al-Miftah Lil Ulum MTI Canduang, kepala Madrasah dan pserta didik.
Zuhriy, M. Syaifuddien., Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf, Walisongo, No 2, Vol 19, November 2011