IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK DI MAS NURUL HUDA KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Lutfiyani
  • Amul Husni Fadlan STAI YAPTIP Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.58485/elrusyd.v7i2.135

Keywords:

Metode pembelajaran, The Learning Cell, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran the learning cell yang dilakukan di kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS Nurul Huda Kecamatan Gunung Tuleh dapat memberi motivasi dan keaktifan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga penulis merasa tertarik dan ingin mengkaji bagaimana proses nyata dalam pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran the learning cell untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS Nurul Huda Kecamatan Gunung Tuleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat field research atau penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Serta sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu guru Al-Qur’an Hadis kelas XI dan peserta didik, dan sumber data sekunder terdiri dari, kepala sekolah dan wakil kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik di MAS Nurul Huda dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, di antaranya: satu, persiapan yang matang sebelum pelaksanaan pembelajaran, dua, pelaksanaan metode pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran the learning cell, tiga, kemampuan guru dan disertai dengan antusias peserta didik yang tinggi. Faktor pendukung implementasi metode pembelajaran the learning cell adalah guru, media atau alat peraga, dan peserta didik itu sendiri. Faktor penghambat atau kendala yang dihadapi oleh guru Al-Qur’an Hadis dalam penerapan metode the learning cell di MAS Nurul Huda yaitu : perbedaan individu siswa, kesulitan guru dalam menentukan metode, materi dan media pembelajaran, dan kesulitan guru dalam mengatur waktu

References

Agus, Suprijono. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Al-Qur’an dan Terjemahnya. (QS An-Nahl 125), 2022.

Anwar, Chairul. Hakikat Manusia dalam pendidikan. Yogyakarta: Suka Press.

Ardiana, Dewa Putu Yudhi, dkk. Metode Pembelajaran Guru. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian ; Suatu Pendekatan Prektek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.

Ash-Shabuni, Syekh Muhammad Ali. Ikhtisar Ulumul Qur;an Praktis. Jakarta: Pustaka Bumi, 2001.

B.Uno, Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Cet. V. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Damayanti, Wiwin Retno, Dkk, “Pengaruh Penggunaan Strategi The Learning Cell Terhadap Pemahaman Globalisasi” 02, Nomor 01. 2015.

Elizabert, Barkley,E, dan Cross,K, Patricia, Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusamedia 2012.

Istanti, Linda Dwi, “Implementasi Metode The Learning Cell Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Kalasan”. Univesitas Negeri Yogyakarta, 2014-2015.

Lubis, Henny Zurika. Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi; Pendidikan Akuntansi. Vol. 1. No.2. Agustus. 2018.

Mardalis, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposional. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Musthafa, Aris. Qur’an Hadis. Sragen : Akik Pusaka, 2008.

Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia. 2013.

Riani, Putu Yuditia, dan Luh Putu Eka Damayanthi, Studi Komparasi Metode Pembelajaran The Learning Cell Dengan Metode Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar TIK; Pendidikan Teknik Informatika. Vol. 2. No. 6, Agustus 2013.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2012.

Riska, Risa, “Pengaruh Strategi The Learning Cell Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Makasar”. Universitas Islam Negeri Alaudin. 2017.

Shiddieqy, M. Hasbi Ash. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

Sihotang, Fransiska Roullna Manik dan Dian Pertiwi Rasmi, Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa SMA 2 Kota Jambi. Jambi: Siska Untirta, 2018.

Siprahatiningrum, Jamil. Srategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Nana Sudjana, Teori-teori Belajar untuk Pengajaran, (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 1991.

Susanto, Ahmad. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.

Zulfa, Umi. Strategi Pembelajaran. Cilacap:Al Ghazali Press, 2010.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Lutfiyani, & Husni Fadlan, A. (2023). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK DI MAS NURUL HUDA KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. El-Rusyd, 7(2), 49–64. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v7i2.135

Issue

Section

Articles