This is an outdated version published on 2022-03-21. Read the most recent version.

PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KUBANG PUTIH

Authors

  • NETTI
  • AFNI LINDRA

DOI:

https://doi.org/10.58485/elrusyd.v5i2.58

Keywords:

Pengelolaan Pembelajaran, Guru Bahasa Arab

Abstract

Secara teoritis guru harus mampu dan profesional dalam pengelolaan proses belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan, karena pada lembaga tersebut harus dikembangkan prinsip-prinsip pengelolaan dan prinsip-prinsip pengajaran yang dirancang secara sistematis. Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di MAN kubang putih belum maksimal, hal ini disebabkan adanya program perencanaan pembelajaran yang belum dirumuskan bersama dan dan kurang memperhatikan aspek-aspek yang mempengaruhi , seperti keadaan sekolah dan perbedaan tingkat kemampuan siswa. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut juga belum maksimal karena masih terdapat kelemahan-kelemahan yang harus menjadi titik perhatian bagi guru baik segi pemilihan metode dan media, sebagai upaya mewujudkan keakitfan siswa, proses evaluasi dan pendekatan pembelajaran. Ada beberapa kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa arab seperti kurangnya sara prasarana, sedangkan jika dilihat lokasi sekolah sangat mendukung untuk pembelajaran bahasa arab, khususnya dari kebisingan atau keramaian karena sekolah jauh dari keramaian sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa gangguan yang signifikan dari lingkungan luar sekolah.

Downloads

Published

2022-01-13 — Updated on 2022-03-21

Versions

How to Cite

NETTI, & AFNI LINDRA. (2022). PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KUBANG PUTIH. El-Rusyd, 5(2). https://doi.org/10.58485/elrusyd.v5i2.58 (Original work published January 13, 2022)

Issue

Section

Articles