PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN ASMAUL HUSNA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SD NEGERI 02 CAMPAGO GUGUAK BULEK, KECAMATAN MANDIANGIN KOTO SELAYAN, BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.58485/elrusyd.v6i2.70Keywords:
Memorizing Asmaul Husna Through, Audio Visual MediaAbstract
Asmaul Husna are good names for Allah. In this case, the memorization of Asmaul Husna is a material given to elementary school children with a rote system. In fact, it is not only carried out in elementary schools but has also been contested. Where in memorizing Asmaul Husna as many as 99 good names for Allah, it seems that students have difficulty. To overcome the problem of memorizing these students against the dhikr of Asmaul Husna, audio-visual media were used. In this audio visual media, students can also see what they read. Thus, it is hoped that students can understand what they read and in the end they can memorize it as well.
References
Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1992, Cet. Ke-8
Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada: 2005
Badr, Abdul Razak bin Abdul Muhsin al, Fiqh Doa dan Dzikir, (Bandung: Pustaka Setia, 2006
Danim, Sudarwan,Media Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1995
Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2000
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1996
Faturrahman, Pupuh dan M. Sobri Sutikno, Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep umum dan Konsep Islami, Bandung: Rafika Aditama, 2007
Ghazali, Imam Al,Ringkasan Ihya Ulumuddin Upaya Menghidupkan Ilmu Agama diterjemahkan oleh Labib MZ, dari judul asli مختصر احياء علوم الدين Surabaya: Usaha Nasional, 2007
Hadi, Sutrisno,Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1987
Hamalik, Oemar,Media Pendidikan, Bandung: Alumni, 1985
Jauzi, Ibnu,Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar, Ternyata Kekuatan Belajar adalah Menghafal, diterjemahkan oleh Irwan Raihan, dari judul asli, Al Hatstsu ‘Ala Hifzh Al –‘Ilm Wa Dzikir Kibar Al Huffazh, Solo: Arafah, 2009
Jauziyah, Ibnul Qayyim Al,Ruh, Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 1999
Narbuko, Kholid dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Riyadh, Sa’ad,Langkah Mudah Menggairahkan Anak Hafal Al Quran, diterjemahkan oleh Insaini Bambang H.N. Arif Manggala, judul asli, Kaifa Nuhabib Al Quran Li Abnaina, Maharatu Tarbiyah fi Tahfiz Quran, Solo: Samudera, 2009
Rozak, Abdul dan Rosihan Anwar, Ilmu Kalam, Bandung: Pustaka Setia, 2006
Sabri, Ahmad,Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005
Sadikin, Setia Yuhan,Penuntun Penyusunan Karya Ilmiah, Semarang: Aneka Ilmu, 1986
Sudarsono, Filsafat Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Sudijono, Anas,Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1988, cet. Ke-2
Suparno, J. Metode Riset dan Aplikasinya dalam Pemasaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Umar, M. Ali Chasan,Khasiat dan Fadilah Asmaul Husna, Semarang: Toha Putera, t.th
Usman, Basyiruddin dan Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Delia Citra Utama, 2002
Yandianto, Kamus Umum Bahasa Indonesia,Bandung: M2S, 2001
Zaidalah, Alwisral Imam,Mutiara Asmaul Husna dalam Al Quran Jalan Menuju surga, Jakarta: Kalam Mulia, 2008