POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG
DOI:
https://doi.org/10.58485/elrusyd.v8i1.145Keywords:
Pendidikan Karakter, AkhlakAbstract
Sudah menjadi keharusan setiap lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter untuk pembentukan akhlakul karimah terhadap para siswa/santrinya, untuk merealisasikannya setiap madrasah mempunnyai pola tersendiri dan materi yang bisa mengantarkan para siswanya untuk menjadi orang yang beraklakul karimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan karakter yang diterapkan serta nilai-nilai pendidikan karakter yang membawa kepada perbaikan akhlak yang dilakasanakan oleh pondok pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Adapun sumber data penelitian kepala madrasah, guru dan santri. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa di Ponpes Diniyyah Puteri Padang Panjang mengembangkan pola pembiasaan dalam membentuk karakter pribadi santrinya. nilai yang lebih menonjol itu adalah nilai-nilai religius dengan penekanan pada aspek ibadah dengan pola yaitu pembudayaan ibadah setiap hari. Pola pembiasaan tersebut diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan baik harian, pekanan, bulanan yang terjadwal dan terkontrol dengan baik. Dengan pembiasaan tersebut diharapkan nilai yang ingin ditanamkan menjadi budaya yang melekat dalam diri santri. Menurut peneliti pola pembiasaan ini efektif dalam membentuk karakter santri.
References
Abdul Majid dan Dian Andayani, (2011) Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abdul Mujib, (2007) Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta; Rajawali Pers
Abu al-Fadhl al-Din Muhammad Mukarram Ibn Manzhur,(e.Th) Lisân al-’Arab, jilid V , Beirut: Dâr Ahya
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Jakarta
H.E. Mulyasa, (2011) Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara
Heri Gunawan, (2014) Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Bandung: Alfabeta
Ibn Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Anshary al-Qurthubiy,( t.th.) Tafsir Al-Qurthubiy, Juz I, Kairo: Dar al-Sya’biy,
Ahmad Janan asifudin dalam bukunya (2018) Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Maswardi M. Amin, (2015) Pendidikan Karakter Anak Bangsa, Yogyakarta : Calpulis, edisi 2
Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida.( 2013) Pendidikan KarakterAnak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhibbinsyah, 2012, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, H,E, (2013) Manajemen Pendidikan Krakter, Jakata: Bumi Aksara
Zubaedi. (2011) Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana