GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  • Syafruddin Nurdin STIT Ahlussunnah Bukittinggi
Keywords: Guru Profesional, Penelitian, Tindakan, Kelas dan Upaya Perbaikan, Peningkatan Layanan Keprofesionalan Guru dalam PBM

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru profesional selain dituntut memiliki empat kompetensi utama yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga diharapkan piawai dalam melakukan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematis dalam upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakantindakan tersebut. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) adalah untuk perbaikan dan meningkatkan layanan keprofesionalan pendidik dalam menangani proses Belajar-Mengajar. Tiga konsep dalam PTK adalah sebagai berikut: (1) Penelitian, yaitu kegiatan mencermati suatu objek melalui metode ilmiah; (2) Tindakan, yaitu aktifitas yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan, untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar; (3) Kelas, yaitu sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru

Author Biography

Syafruddin Nurdin, STIT Ahlussunnah Bukittinggi

Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang

Published
2017-03-01